Tips membantu si kecil mengerjakan PR Matematika


MATEMATIKA selalu dianggap mata pelajaran yang sulit. Itulah mengapa pekerjaan rumah matematika kerap membuat buah hati frustasi, bahkan sebelum memulai proses pengerjaan.

Berikut kami berikan cara lebih efektif membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) matematikanya :

1.  Minta anak menjelaskan langkah-langkah menyelesaikan PR matematikanya. Jika dia membutuhkan bantuan Anda, temani dia dan ingatkan untuk membuka-buka lagi buku pelajaran untuk melihat rumus sebenarnya.

2. Jadikan proses pengerjaan PR momen “serius tapi santai”. Contoh, jika pekerjaan rumahnya terdapat 20 nomor, biarkan dia rehat setiap menyelesaikan 5 nomor. Dengan cara ini, anak tidak akan merasa terpaksa dan mampu menangani efektivitas yang dia atur sendiri.

3. Bantu anak dengan visual tabel perkalian atau bilangan. Anak akan lebih mudah menghitung dan mengingat cara terbaik untuk menyelesaikan nomor per nomor. Dan membantu dia mengurangi frustasinya.

4. Buat semacam permainan berhitung berdasarkan apa yang sering dilihat anak. Misalnya, menghitung jumlah mainan yang dia miliki sambil memasukkannya satu per satu ke kotak penyimpanan

Selamat mencoba dan motivasi belajar matematika anak-anak kita, agar mereka gak takut lagi saat ketemu Matematika.